Pengertian Iklan dan Contohnya, Tujuan, Ciri-Ciri, Syarat

19.22 Unknown 0 Comments

Image result for Pengertian Iklan dan Contohnya, Tujuan, Ciri-Ciri, Syarat

jasa pembuatan website di jakarta utara - Pengertian Iklan Dengan Umum
Apa yang disebut dengan iklan? Pengertian Iklan yaitu suatu bentuk info yang dilakukan oleh seorang, lembaga/instansi, atau perusahaan, yang berisi berbentuk pesan yang menarik mengenai sebuah product atau layanan yang diperuntukkan pada khalayak. Maksud dan maksud dibuatnya iklan yaitu untuk membujuk/mendorong orang-orang hingga jadi tertarik memakai product/layanan yang di tawarkan.

Biasanya iklan dipasang di beberapa media agar terlihat banyaknya orang, baik itu media offline ataupun media on-line. Beberapa media itu salah satunya Koran, Majalah, Tabloid, Tv, Website Berita, Situs (blog), Media Sosial, Mesin Pencari, dan beberapa tempat umum.

Biasanya iklan berupa info non personal tentang sebuah product atau layanan, perusahaan, merk, dan yang lain, dengan kompensasi biaya tertentu. Semua komunikasi berbentuk iklan ini bertunjuan untuk menarik perhatian atau membujuk orang yang lain untuk beli atau melakukan suatu hal yang untungkan si pembuat iklan.

Pengertian Iklan Menurut Beberapa Ahli
Untuk lebih tahu apa makna iklan maka kita dapat mengacu pada pendapat beberapa pakar. Berikut ini yaitu pengertian iklan menurut beberapa pakar :

1. Courtland L. Bovee
Menurut Courtland L. Bovee, pengertian iklan yaitu suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar dan sifatnya persuasif mengenai suatu product, layanan, atau ide dari sponsor yang dimuat melalui beragam media.

2. Kotler
Pengertian iklan menurut Kotler yaitu bentuk penyajian dan promosi suatu barang, layanan, dan ide, dengan non-personal oleh suatuk sponsor tertentu di mana untuk penayangannya biasanya harus membayar suatu media.

3. Rhenald Kasali
Menurut Rhenald Kasali, makna kata iklan yaitu suatu pesan yang tawarkan sebuah product/layanan yang diperuntukkan pada khalayak dengan melalui suatu media.

4. Kamus Besar Bhs Indonesia (KBBI)
Pengertian iklan menurut KBBI yaitu pesan atau berita yang mempunyai tujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang/layanan yang di tawarkan.

Maksud Iklan
Seperti yang diterangkan pada pengertian iklan diatas, pada dasarnya maksud dari iklan yaitu untuk membujuk atau mendorong orang yang lain agar jadi tertarik untuk memakai suatu product/layanan. Berikut ini yaitu maksud dari iklan :

  • Memberi info pada khalayak tentang suatu product barang atau layanan, merk, perusahaan, maupun suatu ide. Iklan memakai bhs persuasif dengan menonjolkan kelebihan product/layanan yang di tawarkan. 
  • Memengaruhi orang yang lain yang disebut tujuan market untuk memakai dan beli product atau layanan yang di tawarkan pada mereka. 

Manfaat Iklan
Iklan akan tidak sempat ada bila tidak memberi manfaat untuk si pengiklan. Pada umumnya ada beberapa manfaat iklan yang dapat diperoleh oleh pengiklan, yakni :

  • Product atau layanan yang diiklankan juga akan di kenal atau lebih populer di orang-orang luas. 
  • Customer baru makin bertambah hingga tingkatkan angka penjualan product/layanan yang diiklankan. 
  • Keuntungan pihak pengiklan juga akan bertambah karena penjualan product/jasanya yang diiklankan. 
  • Tingkatkan brand awareness sebuah merk di orang-orang luas hingga orang-orang mudah mengidentifikasi produknya. 

Ciri-Ciri Iklan
Sangat mudah untuk mengetahui sebuah iklan. Dengan mengetahui karakternya, kita dapat ketahui apakah sebuah pesan atau info adalah sebuah iklan atau tidak.

Berikut ini yaitu tanda-tanda iklan biasanya :

  • Info atau pesan di sampaikan dengan komunikatif dan informatif 
  • Iklan memakai kalimat yang persuasif agar lebih menarik untuk orang yang lain. 
  • Memakai kalimat (diksi) atau bhs yang tepat, logis, sopan, dan mudah dipahami oleh orang-orang atau tujuan market. 
  • Menerangkan mengenai product/layanan dan cara kerja product/layanan itu. 

Sebagian Prasyarat Iklan
Timbulnya iklan tidak terjadi demikian saja. Agar sebuah iklan dapat disebutkan baik maka harus memiliki kandungan kriteria berikut ini :


  • Iklan harus berbentuk Obyektif, seimbang, dan jujur. 
  • Iklan harus diisi info yang pasti, padat, dan mudah dipahami khalayak ramai. 
  • Iklan baiknya dikemas demikian rupa agar menarik perhatian dan ketertarikan orang-orang. 
  • Iklan semestinya tidak menyinggung, menyakiti, atau merendahkan pihak/product beda.

Type/Beberapa Jenis Iklan
Ada banyak beberapa macam iklan yang dapat kita saksikan sampai kini. Berikut ini diterangkan beberapa jenis iklan berdasar pada isi, media, dan karakter iklan itu :

I. Type Iklan Berdasar pada Isi
1. Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)
Type iklan ini mempunyai tujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah info atau pemberitahuan. Contoh iklan pemberitahuan :

  • Iklan berita duka cita 
  • Iklan reuni alumni sekolah 

2. Iklan Penawaran (Niaga)
Iklan type ini mempunyai tujuan untuk tawarkan barang atau layanan pada khalayak ramai. Contoh iklan penawaran :

  • Iklan penawaran barang/product, misalnya tas, sepatu, smartphone, dan sebagainya. 
  • Iklan penawaran layanan, misalnya layanan kurir, layanan penyembuhan alternatif, dan sebagainya. 
  • Type Iklan Berdasar pada Isi 

3. Iklan Layanan Masyarkat
Iklan type ini mempunyai tujuan untuk memberi info dan pencerahan pada orang-orang mengenai suatu gosip atau hal tertentu. Iklan layanan orang-orang di buat oleh instansi atau lembaga pemerintah atau organisasi non-profit.

You Might Also Like

0 komentar: