Memilih Buah Segar

19.46 Unknown 0 Comments

Related image

nanas madu pemalang - Jeruk

a. Jeruk Keprok

Type jeruk keprok lokal diantaranya keprok garut, punten, tejakula, selayar, dan tawangmangu. Buah yang layak pilih yaitu buah yang cukup tua, utuh, fresh dan bersih dengan bentuk agak gepeng. Kulit buah mudah dikupas berwarna kuning, bagian ujung buah empuk, cekung kedalam apabila dijentik bunyinya tidak nyaring dan terdapat ronggga pada daging buah dan kulit buah. Rasa buah tengah kemanisannya dan banyak terkandung air. Ukuran buah :

Kelas A : diameter (D) 7. 1 cm atau berat (B) 150 g
Kelas B : D= 6. 1-7 cm atau B = 101-150 g
Kelas C : D = 5. 1-6 cm atau B = 51-100 g
Kelas D : D = 4 – 5 cm atau B 51 g

b. Jeruk Siam

Type jeruk siam diantaranya jeruk siam pontianak dan jember. Buah cukup tua, utuh, fresh, dan bersih. Diameter buah 4-7 cm atau berat 50-125 g. Kulit buah agak tidak tebal, menempel pada daging buah. Warna kulit buah masak hijau muda.

c. Jeruk Manis

Type manis diantaranya jeruk manis punten dan brastagi. Berat buah 200-350 g. Kulit buah berwarna kuning oranye atau hijau kuning, agak tidak tipis dan sulit dikupas. Daging buah susah dipisahkan, apabila ingin menelannya buah dibelah dengan pisau. Struktur buah lunak dan banyak terkandung air. Rasa buah manis fresh dan harum.

d. Jeruk Besar

Type jeruk besar diantaranya jeruk nambangan, cikoneng, dan bali. Buah besar berdiameter 15-20 cm. Kulit buah tidak tipis (1. 5 – 2 cm), berwarna hiaju muda atau kuning keuptih-putihan, dan agak mengkilat karena memiliki kandungan minyak. Daging buah merah atau merah muda atau kuning. Rasa buah manis asam dan banyak terkandung air.

Melon

a. Melon Sky Rocket (Cantaloupe)

Buah bulat berdiameter lebih kurang 30 cm. Kulit buah masak bergurat membuat jaring halus dan cerah. Terdapat garis bulat (seperti cincin) pada tangkai buah dan buah. Terkadang terdapat garis halus tanpa ada guratan membujur dari pangkal ke ujung dengan warna coklat muda kehijauan. Daging buah berwarna kehijauan sampai kekuningan, beraroma harum dan rasa-rasanya manis fresh.

b. Melon Honey Dew

Buah bulat besar dengan berat 2-2. 5 kg. Kulit buah masak halus berwarna kuning. Daging buah berwarna putih atau hijau, aroma kurang harum namun rasa-rasanya manis sekali.

Nanas

a. Nanas Bogor

Buah kecil, berat 0. 5-1 kg. Kulit buah masak kuning dengan mata berlekuk dalam. Daging buah kekuningan dan memiliki serat halus. Rasa-rasanya enak dan manis.

b. Nanas Subang

Buah besar dengan berat sekitar 2 kg. Kulit buah masak oranye dengan bagina pangkal agak kekuningan. Daging buah berwarna putih sampai kuning pucat memiliki serat kasar dan banyak terkandung air. Rasa manis agak asam.

c. Nanas Blitar

Buah kecil dengan berat sekitar 1 kg. kulit buah masak kuning tua dengan mata cekung kedalam. Daging buah kuning dan memiliki serat halus. Rasa sangat enah dan beraroma harum.

d. Nanas Palembang

Buah kecil dengan berat sekitar 1 kg per buah. Kulit buah masak kuning, mata kecil dan berlekuk dalam. Daging buah halus nyaris tidak memiliki serat, sedikit memiliki kandungan air. Ras enak dan manis sekali.

e. Nanas Smooth Cayenne

Buah besar dengan berat sekitar 2. 5 kg, berupa silinder dengan ujung lebih kecil dari bagian basic. Kulit buah masak kuning oranye berbelang hijau, bermata datar atau rata. Rasa manis agak asam.
Semangka

a. Semangka Golden Crown

Buah bulat dengan berat lebih kurang 2. 5 kg. Warna kulit buah kuning emas mulus dan licin, ujung buah coklat kekuningan, apabila diketuk jari tidaklah terlalu nyaring. Daging buah berwarna merah berair banyak dengan rasa manis sekali.

b. Semangka New Dragon

Buah lonjong dengan berat lebih kurang 9 kg. kulit buah hijau muda bergaris hijau tua, ujung buah coklat kekuningan, apabila diketuk tidaklah terlalu nyaring. Daging buah berwarna merah rata dengan struktur lembut dan rasa yang manis.

c. Semangka Yellow Baby

Buah bulat dengan berat lebih kurang 4 kg. Kulit buah licin berwarna hijau muda dengan garis tua dan jujung coklat kekuningan. Daging buah kuning cerah dengan rasa yang manis.

Mangga

a. Mangga Arummanis

Ukuran buah besar (semakin besar dari 400 g), tengah (350-400 g), kecil (300-349 g) dan sangat kecil (250-299 g). Bentuk buah jorong, pangkal buah bulat, miring, dengan atau tanpa ada lengkukan dangkal. Kulit buah masak berlilin, warna pangkal hijau kuning kecoklatan sampai merah keunguan, bagian ujung hijau. Daging buah tidak tipis, kuning, memiliki serat halus dan berair banyak. Rasa manis dan beraroma harum.

b. Mangga Golek

Ukuran buah besar (semakin besar dari 500 g), tengah (450-500 g), tengah (400-449 g), dan sangat kecil (350-399 g). Bentuk buah panjang, pangkal agak runcing, ujung runcing, tidak berlekuk, dan tidak berparuh. Kulit buah masak agak tidak tipis dan halus berlilin, warna pangkal kuning, dan ujung hijau muda. Daging buah tidak tipis, lunak, berwrna kuning, serat halus dan kandungan air buah tengah. Rasa manis dan beraroma agak harum.

c. Mangga Gedong

Ukuran buah besar (semakin besar dari 250 g), tengah (200-250 g), kecil (150-199 g) dan sangat kecil (100-149 g). Bentuk buah bulat, tangkai di dalam, pangkal buah miring agak berlekuk dan ujung buah membulat tidak berparuh. Kulit buah masak tidak tipis, halus, belilin, warna merah jingga dengan ujung merah kekuningan. Daging buah tidak tipis, kenyal, warna kuning sampai kuning jingga, memiliki serat halus, dan berair bayak. Rasa manis dengan aroma harum agak keras.

d. Mangga Manalagi

Ukuran buah besar (lebih dari 400 g), tengah (350-400 g), kecil (300-349 g), sangat kecil (250-299 g). Bentuk buah jorong, letak tangkai mrirng pangkal runcing sedikit berleher, ujung bulat terkadang agak berlekuk dan berparuh terang. Kulit buah masak tidak tipis, halus, berlilin, berbintik jarang yang berwarna coklat. Warna pangkal hijau kekuningan dan ujung hijau. Daging buah tidak tipis, warna kuning, lunak, memiliki serat halus sekali dengan air buah tengah. Rasa manis fresh dengan aroma harum.

e. Mangga Cengkir

Ukuran buah lebih kurang 450 g dengan bentuk buah lonjong. Kulit buah masak tidak tipis, kuning kehijauan agak rata. Daging buah berwarna kuning oranye, dengan struktur lunak manis dan beraroma tengah.

You Might Also Like

0 komentar: