Anak Terlalu Aktif dan Tak Bisa Diam? Inilah Cara Sederhana Mengatasinya

00.06 Unknown 0 Comments

foto: flickr.com

cara mendidik anak agar kreatif - Memiliki anak yang relatif sangat aktif sampai tidak dapat diam baik di rumah ataupun di sekolah, tentu jadi hal yang bikin pusing sekaligus menyebalkan untuk orangtua. Bila anak relatif tidak dapat diam, memang cara untuk mengatasinya yaitu dengan lebih mengontrol mereka.

Menurut beberapa pakar, anak yang relatif tidak dapat diam mungkin saja karena ada masalah di system sarafnya atau malah karena problem di rumah. Nah, terkecuali memohon pertolongan dokter anak, ada cara-cara simpel yang dapat Kamu kerjakan untuk mengontrol anak-anak yang tidak dapat diam, seperti diambil dari Boldsky :

1. Berikan kasih sayang lebih 
Ketika anak mulai tidak dapat ditata, cara pertama yang dapat Kamu kerjakan yaitu dengan tunjukkan seberapa besar rasa cinta Kamu padanya dan ketika mereka mulai tidak mood, berikan mereka pelukan yang hangat. Begitu, mereka juga akan tahu kalau Kamu betul-betul mencintainya dan juga akan sedih bila mereka melakukan suatu hal yang tidak mengasyikkan.

2. Dengarkan mereka 
Dengarkan apa yang dibicarakan anak ketika mereka tengah tidak dapat diam karenanya mungkin saja isi hati mereka sampai kini. Tunggulah mereka tenang dan mulai ajak bicara beberapa perlahan.

Baca juga : ternak menguntungkan modal kecil

3. Alihkan perhatian mereka 
Untuk mengalihkan perhatiannya, Kamu dapat mencarikan anak-anak 'teman' baru misalnya anak teman dekat, mainan baru, hewan peliharaan atau lebih baik bila Kamu sendiri yang mungkin saja rekan untuk mereka. Alihkan juga perhatiannya dengan memberikannya beragam aktivitas.

4. Janganlah dimarahi ketika mendiamkan mereka 
Anak yang hiperaktif ketika dimarahi dapat semakin 'menjadi'. Oleh karenanya, baiknya ajak mereka bicara beberapa perlahan, setelah keadaan teratasi baru bicara dengan anak dari hati ke hati.

5. Ajari mereka 
Untuk mengajari anak-anak, tidak dapat hanya sekali 2 x mengerjakannya. Baiknya, ajari kesabaran dan kasih sayang pada anak yang terlalu aktif dengan menaikkan family time. Hingga, Kamu dapat juga lebih dekat dengan anak dan mengetahui apa penyebabnya mereka tidak dapat diam.

You Might Also Like

0 komentar: